Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

News

Bimtek Penyuluh Pendidik Kepercayaan terhadap Tuhan YME

 

Bimbingan Teknis : Peningkatan Kompetensi Calon Penyuluh Kepercayaan terhadap Tuhan YME

Pada tanggal 21-24 September 2016, Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan acara Bimbingan Teknis Calon Penyuluh Kepercayaan terhadap Tuhan YME bertempat di Hotel Horison Semarang. Kegiatan bimtek dihadiri sejumlah 67 peserta terdiri organisasi kepercayaan, dinas terkait (dinas kebudayaan dan dinas pendidikan), pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh terutama penyuluh pendidik sebagai persiapan tenaga pendidik akibat turunnya Peraturan Menteri no. 27 tahun 2016 tentang layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan YME pada satuan Pendidikan.  Peserta Calon Penyuluh dari Organisasi Aliran Kebatinan Perjalanan adalah Asmat Susanto, S.Pd, M.Pd, Ronny Fernandi, Muhtar Budiman, SH, MH wakil dari Jawa Barat, Suwahyo dari Jawa Tengah, dan Adji Slamet dari JawaTimur.

Kegiatan pelatihan Asesor Kepercayaan terhadap Tuhan YME

Pelatihan Asesor Kepercayaan terhadap Tuhan YME

Pada tanggal 18-24 September 2016, bertempat di hotel Horison Semarang yang diselenggarakan oleh Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jendera Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi calon asesor dan penyuluh kepercayaan terhadap Tuhan YME. Kegitan ini dihadiri oleh 18 calon asesor yang terdiri dari 6 dari instasi pemerintah dan 12 dari organisasi-organisasi kepercayaan serta 5 master asesor yang memberikan pendidikan serta pengujian diakhir kegiatan untuk memberikan rekomendasi kompeten atau belum kompeten kepada para calon asesor. Tak kalah pentingnya Bu Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan dan Tradisi ikut berpartisipasi juga sebagai calon asesor pada kegiatan ini.

2-20160919_221845 3-20160919_221852

Kegiatan peningkatan kompetensi calon asesor ini dilakukan untuk menghasilkan para asesor yang kompeten untuk 3 kompetensi dalam bidang:

(1) Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen (MMA)

(2) Mengembangkan Perangkat Asesmen (MPA)

(3) Mengases Kompetensi (MAK)

4-20160920_165912

5-20160923_091542

Salah satu peserta sedang melakukan Role Play dipraktekan dibawah bimbingan Master Asesor. Dengan cara Role Play, calon asesor diharapkan mampu untuk menerapkan prosedur umum dalam melakukan asesmen pada asesi dalam hal ini calon penyuluh. Dalam kegiatan ini calon asesor dipraktekan untuk dapat melaksanakan ke-3 kompetensi MMA, MPA, dan MAK. Salah satu peserta dari Organisasi Aliran Kebatinan “Perjalanan” adalah Andri Hernandi (batik) yang saat ini menjabat sebagai ketua umum Aliran Kebatinan Perjalanan dan Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa periode 2016.

Bakti Sosial: Pengobatan Gratis

Banner BaksosBAKTI SOSIAL: Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Aliran Kebatinan “PERJALANAN” – Menyambut HUT Aliran Kebatinan “PERJALANAN” ke-89, Panitia HUT ke-89 gelar bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis di Halaman Bale Pasewakan Kerta Tataning Hirup Linuwih, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jumat (16/09).

Tim Dokter dan Perawat
Tim Dokter dan Perawat

Panitia bekerjasama dengan Dokter dan Perawat dari Generasi Muda Aliran Kebatinan “PERJALANAN”. Tim dokter yang dipimpin oleh Dr. Hendra, Dr. Henry Santoso serta Drg. Sisca Ervina dan beranggotakan 2 orang dokter, bekerja dengan sigap memeriksa semua warga yang datang untuk berobat. Sedangkan tim Perawat & Apoteker, beranggotakan Ekka dan Yanti, bertugas untuk menyediakan obat-obatan yang tercantum dalam resep yang masuk.

Bakti Sosial Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis ini memiliki tahapan Medical Check Up yaitu:

  1. Penyuluhan Kesehatan Gigi
  2. Pemeriksaan Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat.

Sejak dibukanya kegiatan ini pada pukul 13:00 WIB, warga dan prawarga maupun simpatisan organisasi antusias untuk mengikuti kegiatan bakti sosial tersebut. Terlihat lebih dari 200 orang yang ikut daftar dan turut serta mendukung program kegiatan ini.

“…kegiatan ini menurut saya sangat positif, saya sangat senang dengan adanya kegiatan pengobatan gratis, ini semua demi kesehatan warga Perjalanan baik yang ada di Jawabarat maupun yang di luar Jawabarat, Untuk selanjutnya mungkin kegiatan-kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan lagi” ujar salah satu warga Perjalanan dari luar Jawa Barat.

Selain bertujuan untuk mewujudkan program sehat bagi warga Aliran Kebatinan “PERJALANAN”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan eksistensi sebagai Penghayat Kepercayaan.

 “Kegiatan ini seharusnya menjadi agenda organisasi, jangan hanya diadakan sekali atau dua kali, bahkan jika dijadikan kegiatan rutin pun kami siap” pungkas Dr. Henry Santoso.

Sementara itu, Kang Ade Witarsa selaku Ketua Panitia HUT, mengatakan, kegiatan sosial perlu ditingkatkan dan dikembangkan.

“Melihat antusias warga seperti ini saya sangat bangga apalagi kami selaku panitia bekerjasama dengan tim Dokter dan perawatnya yang merupakan Generasi Muda organisasi, sesuai dengan Tema yang diangkat pada HUT ke-89, bahwa peran generasi muda sebagai regenerasi harus mulai berkembang” ujarnya.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 15:45 WIB. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Semoga tahun depan acara serupa dapat terlaksana dengan lebih baik dan lebih mendapat dukungan dari banyak pihak. Hanya dengan berbagi, kita akan menerima. Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe Memayu Hayuning Bawana.

Kegiatan Baksos

 

Siapa Mereka ?

Wangsit tuntunan ajaran Kebatinan “PERJALANAN” diterima pada tanggal 17 September 1927, tepatnya pukul 12.00 siang, baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama oleh Bapak Mei Kartawinata, Bapak M. Rasyid dan Bapak Sumitra, bersifat suara yang didengar secara jelas dan gambling dan dalam bentuk gerakan perbuatan yang dilakukan oleh beliau masing-masing dan/atau yang diperbuat oleh pihak lain terhadap beliau bertiga. Tepatnya adalah kampong Cimerta Subang, Jawa Barat. Ketiga Bapak tersebut telah berikrar satu sama lain sebagai saudara untuk hidup rukun berdampingan dan saling mencintai. Namun demikian, meskipun sepanjang pandangan hidupnya mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kesenangan, tapi cara dan ruang lingkupnya berlainan.

Bagi Bapak M. Rasyid yang disebut senang ialah bersifat sangat pribadi, yaitu untuk mencapainya (kalau perlu) dengan mengalahkan orang lain, baik dengan kekuatan jasmaniah maupun rohaniah. Maka beliau mempunyai kekuatan kanuragan dan jaya kawijayan. Pada waktu itu beliau belum mempunyai tandingannya. Hal ini membuat beliau menjadi senang, sebab segala kemauannya terpenuhi.

Bagi Bapak Sumitra, yang dinamakan senang itu, bilamana beliau tidak diganggu oleh orang lain, dan beliaupun tak perlu mengganggu orang lain. Untuk bias mengimbangi suasana dan keadaan, jika sewaktu-waktu ada pihak lain yang berani mengganggunya, beliau mempunyai kekuatan kanuragan dan jaya kawijayan juga, sehingga siap untuk menghadapinya baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Beliau senang kalau suasana dan keadaan tenang-tenang saja.

Lain lagi bagi Bapak Mei Kartawinata, kesenangan itu harus meliputi setiap orang, tidak terkecuali, dan dinikmatinya secara bersama-sama. Maka kesenangan harus diwujudkan dan dipertahankan secara bersama-sama pula. Dilihat dari sudut ini, Bapak Mei Kartawinata ,erasa tidak perlu untuk mempunyai kanuragan dan jaya kawijayan, yang penting ialah pendekatan dan saling pengertian

Menurut anggapan Bapak M. Rasyid sikap ini adalah sangat lemah yang perlu dikasihani, sehingga dengan bangga beliau menyatakan keinginannya itu menurunkan segala ilmunya dengan segala kemampuannya, sebagai tanda kasih sayang kepada saudara angkatnya.

Akan tetapi oleh Bapak Mei Kartawinata ditolak dengan cara yang halus. Oleh karena hal ini terjadi berulang kali, penolakan ini membuat Bapak M. Rasyid menjadi penasaran. Pada suatu hari tetangga dekat yang menjadi rekan sekerja bernama Sukna jatuh sakit. Ia meminta pertolongan kepada Bapak M. Rasyid, akan tetapi tidak berhasil. Kemudian dimintanya pertolongan Bapak Sumitra, juga tidak berhasil, akhirnya dimintalah pertolongan dari Bapak Mei Kartawinata dan hasilnya di luar dugaan si sakit sembuh seketika.

Kenyataan itu membuat Bapak M. Rasyid menjadi berang dan tidak senang, bahkan menimbulkan prasangka, bahwa selama berlangsungnya ikatan persaudaraan Bapak Mei Kartawinata menyembunyikan ilmunya dan tidak terus terang. Oleh sebab itu Beliau merasa dikalahkan, dan membuatnya lebih penasaran lagi, Bapak M. Rasyid secara terbuka menantang Bapak Mei Kartawinata untuk mengadu kekuatan.

Sekalipun dengan amat merendah, Bapak Mei Kartawinata menyatakan tidak mempunyai sesuatu ilmu apapun, tetapi hal ini menambah kemarahan Bapak M. Rasyidkarena merasa diremehkan, Beliau menghina habis-habisan kepada Bapak Mei Kartawinata. Secara sepihak Bapak M. Rasyid menetapkan hari dan waktu untuk menyelesaikan perkelahian dengan bertempat di hutan tutpan Cimerta di pinggir kali Cileuleuy.

Menjelang saatnya tiba, Bapak Mei Kartawinata berputus asa setelah mempertimbangkan bahwa :

  1. Sangat sulit untuk mengalahkan Bapak M. rasyid. Oleh karena itu beliau akan lebih baik menemui ajalnya dari pada harus berkelahi. Kalaupun perkelahian itu sampai terjadi, berarti pembunuhan terhadap saudara angkat pun terjadi. Dan dengan dalih apapun hal itu adalah perbuatan yang tidak terpuji.
  2. Kalau terus mengalah akan menambah kemarahan Bapak M. rasyid yang merasa dirinya diremehkan dan dikelabui oleh saudara angkat yang menyembunyikan ilmunya, sehingga mungkin sekali apapun akibatnya yang harus dipikul Bapak M. Rasyid akan tetap bias membunuhnya.

Kedua hal itu tidak boleh terjadi dan satu-satunya pilihan agar hal itu tidak terjadi, Bapak Mei Kartawinata memilih jalan bunuh diri dengan cara menjatuhkan diri. Adapun tempatnya yang dipilih, yaitu jembatan gantung setinggi kurang lebih 10 meter dengan dasar bebatuan.

Di tengah perjalan, entah dari mana datangnya dan siapa pula gerangan orangnya, dengan jelas Bapak Mei Kartawinata mendengar suara, yang untuk seterusnya di jadikan pegangan sebagai WANGSIT :

  1. jangan membiarkan dirimu dihina dan direndahkan oleh siapapun, sebab dirimu tidak lahir dan besar oleh sendirinya, akan tetapi dilahirkan dan dibesarkan penuh dengan cinta kasih Ibu dan Bapakmu. Bahkan dirimu sendirilah yang melaksanakan segala kehendak dan cita-citamu, yang seyogyanya kamu berterimakasih kepadanya.
  2. Barang siapa menghina dan merendahkan dirimu, sama juga artinya dengan menghina dan merendahkan Ibu Bapakmu, bahkan Leluhur Bangsamu.

Suara itu menimbulkan semangat dan harapan baru. Dengan menyerahkan segala persoalan dan penyelasaiannya kepad Tuhan Yang Maha Esa, dalam perjalanan pulang kembali, Bapak Mei Kartawinata bertemu dengan Bapak Sumitra yang menyatakan akan membantunya melawan Bapak M. Rasyid. Pernyataan itu membuat Bapak Mei Kartawinata gembira. Setelah saatnya tiba, Bapak M. Rasyid dating menjemputnya dan kemudian pergi bersama-sama diikuti Bapak Sumitra, seolah-olah tiada suatu apapun diantara beliau bertiga, sehingga tidak mengundang kecurigaan apapun. Sesampainya ditempat yang telah ditentukan Bapak M. Rasyid langsung mengambil tempat dan duduk bersila seperti tafakur. Sedangkan Bapak Sumitra berdiri santai dan Bapak Mei Kartawinata berada di sisinya.

Kiranya dalam keadaan itu Bapak M. Rasyid memusatkan kekuatan magisnya untuk menguasai Bapak Sumitra, dan berhasil. Tanpa diduga sama sekali, Bapak Sumitra melayngkan tangannya kepada Bapak Mei Kartawinata, yang sampai terpenjat oleh keadaan yang sekonyong-konyong berubah dan berbalik. Masih untung tendangan itu dilakukan oleh Bapak Sumitra dalam keadaan tidak sadarkan diri, sebab jika hal itu terjadi dalam keadaan normal akibatnya akan lain.

Dengan daya reflek BApak Mei Kartawinata berhasil menangkap kaki yang melayang dan bersamaan dengan tiu, mengangkatnya mengikuti ayunan kaki, sehingga tubuh Bapak Sumitra yang pendek kecil itu terangkat dan langsung dibanting keatas tubuh Bapak M. Rasyid yang sedang khusuk bertafakur.

Kejadian yang tidak terduga ini menimbulkan dua akibat :

Pertama           : Bapak Sumitra memperoleh kesadarannya kembali dan langsung menyerang       Bapak M. rasyid dan membuatnya tidak berdaya

Kedua             : adanya perubahan situasi yang sangat mendadak, Bapak M. Rasyid kehilangan control diri, sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk menggunakan ilmu simpanannya sehingga kehilangan segala daya dan kekuatan yang menjadi andalannya.

Maka selesailah perkelahian dengan ketegangannya, yang disusul pernyataan saling maaf memaafkan dan berpelukan, dengan menghapus segala prasangka dan rasa bermusuhan. Maka lahirlah WANGSIT :

  1. Tiada lagi kekuatan dan kekuasaan yang melebihi Tuhan Yang Maha Belas dan Kasih itupun dapat mengatasi dan menyelesaikan segala pertentangan / pertengkaran bahkan dapat memadukan faham dan usaha untuk mencapai tujuan yang lebih maju, serta menyempurnakan akhlak dan meluhurkan budi pekerti manusia.

Menyusul lahirnya wangsit ini, BApak-Bapak ini mengikrarkan untuk tidak lagi menggunakan semua kekuatan kanuragan dan jaya kawijayan untuk masa-masa selanjutnya.

Selesai membenahi diri dan beristirahat, Bapak Mei Kartawinata memperhatikan aliran sungai Cileuleuy sambil berbicara dalam hati “Alangkah besarnya Tuhan Yang Maha Esa, air yang keluar tetes demi tetes dari sumbernya bersatu padu sehingga mewujudkan kali. Dan selai itu sempat memberikan kesejahteraan pada pepohonan, binatang, bahkan kepada manusia, sambil terus menuju tujuan akhir, yaitu lautan. Sekiranya hal ini terjadi pada diri manusi, alangkah besarnya manfaatnya untuk kesejahteraan dunia dan isinya, dan kembali kepada asal semuanya, ialah Tuhan Yang Maha Esa”.

Seketika itu terdengarlah suara tanpa wujud dan rupa oleh ketiga Bapak itu bersifat WANGSIT :

  1. Dengan kagum dan takjub kamu menghitung tetesan air yang mengalir merupakan kesatuan mutlak menuju lautan, sambil member manfaat kepada kehidupan manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi belum pernah kamu mengagumi dan takjub terhadap diri sendiri yang telah mempertemukan kamu dengan dunia dan isinya. Bahkan belum pernah kamu menghitung kedip matamu dan betapa nikmat yang kamu telah rasakan sebagai hikmah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Karena suara itu terdengar dari dalam hutan, menimbulkan rasa kaget dan takut diantara beliaubertiga, dan serentak berdiri bersama-sama kea rah pohon gempol yang letaknya agak jauh. Karena kehabisan nafas, beliau bertiga duduk bersimpuh, tetapi seketika itu juga terdengar WANGSIT berturut-turut :

  1. Kemana kamu pergi dan dimana kamu berada, Tuhan Yang Maha Esa selalu beserta denganmu.
  2. Perubahan besar dalam kehidupan dan penghidupan manusia akan menjadi pembalasan terhadap segala penindasan serta mencetuskan / melahirkan kemerdekaan hidup bangsa.

Disebabkan badannya sudah terlalu lemah, maka beliau bertiga tetap berdiam diri sambil beristirahat pasrah terhadap keadaan apapun yang akan terjadi. Sesudah pulih kekuatan dan akan pergi meninggalkan tempat, terjadilah suatu keganjilan.

Bapak Mei Kartawinata serasa mendengar semua pepohonan, binatang, dan lai-lain yang ditemui, semuanya berbicara, bahwa semuanya telah memenuhi kewajibann hidupnya masing-masing dengan dipotong, dimakan dan atau digunakan keperluan hidup umat manusia.

Dan semua mengajukan pertanyaan, apakah darmanya manusia telah dilaksanakan untuk kepentingan dunia dan isinya. Dengan terus berlarian kian kemari, Bapak Mei Kartawinata ,emcoba menghindarkan pertanyaan itu, namun tetap tidak berhasil

Lain hal nya dengan Bapak M. Rasyid yang hidupnya di masa lalu penuh dengan pemuasan nafsu tanpa menghiraukan perasaan orang lain, seakan-akan semuanya ada yang memusuhinya. Kerba, kambing yang ada di tegalan semua menerjang.

Bahkan perempuan-perempuan yang dijumpainya menyerang dan memukulinya dengan segala apa yang ada untuk dipukulkan, maka lahirlah WANGSIT :

  1. Apabila pengetahuan disertai kekuatan raga dan jiwamu digunakan secara salah untuk memuaskan hawa nafsu, akan menimbulkan dendam kesumat, kebencian, pembalasan dan perlawanan. Sebaiknya apabila pengetahuan dan kekuatan raga dan jiwamu digunakan untuk menolong sesame akan menumbuhkan rasa kasih sayang dan persaudaraan yang mendalam.

Lain halnya dengan Bapak Sumitra yang setiap kali menemui bangkai binatang apa saja, beliau memungut dan menangisinya serta merawat / membungkusnya dengan baik layaknya jenazah manusia. Dan kemudian menguburnya dengan baik pula. Maka lahirlah WANGSIT :

  1. Cintailah sesama hidupmu tanpa memandang jenis dan rupa, sebab apabila hidupmu telah meninggalkan jasad, siapapun akan berada dalam keadaan sama tiada daya dan upaya. Justru karena itu, selama kamu masih hidup berusahalah agar dapat memelihara kelangsungan hidup sesamamu sesuai dengan Kodratnya menurut kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Ketika ketiga bapak itu berkumpul kembali di pinggir kali tempat semula, di tengah kali terlihat batu besar yang menyolok. Terdengarlah suara petunjuk lirih, bahwa batu itu mengandung kekayaan.

Serentak dengan rak berpikir panjang, beliau bertiga masuk kali sambil mengeruk-keruk dan mencari-cari kekayaan, apakah gerangan yang ada di batu itu yang bias membuat kaya raya. Setelah beberapa waktu giat mencari dan tidak berhasil, beliau bertiga kembali ke pinggir, sambil terus mengamati batu itu. Selang beberapa saat, datanglah seorang tetangganya sekampung bernama Sukarlin yang membawa palu, pahat dan pikulan menuju batu itu.

Dengan penuh keheranan, ketiga Bapak itu melihat dan memperhatikan segala tingkah polah Pak Sukarlin yang langsung membelah-belah batu tersebut dan sesudah penuh terus di bawa pulang.

Dari itu, lahirlah WANGSIT :

  1. Batu di tengah kali, jikalau olehmu digarap menurut kebutuhan, kamu bias mwnjadi kaya raya karenanya. Dalam hal itu yang membuat kaya raya bukanlah pemberian batu itu, akan tetapi adalah hasil kerjamu sendiri.

Memang Pak Sukarlin menjadi kaya raya di kampungnya karena berjualan batu dalam bentuk kubikan, dan ketika beliau bertiga bersiap untuk pulang, terdengarlah WANGSIT :

  1. Geraklah untuk kepentingan sesamamu, bantulah yang sakit untuk mengurangi penderitaannya. Jaga ( bahasa Sunda = kelak, kemudian hari ) akan tercapai masyarakat kemanusiaan yang menegakkan kemerdekaan dan kebenaran.