Studi Banding dari Dinas Kebudayaan & MLKI DIY

AKP.OR.ID (Pasewakan Kerta Tataning Hirup Linuwih, Ciparay, 15/08/2019) Aliran Kebatinan "PERJALANAN" menerima kunjungan studi banding dari Dinas Kebudayaan dan Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (MLKI) Provinsi DIY. Pada pukul 10:00 WIB, rombongan sebanyak ±50 orang disambut oleh para pengurus Aliran Kebatinan "PERJALANAN" beserta warga yang hadir. Tujuan kegiatan studi banding ini sebagai kegiatan pembinaan Penghayat Kepercayaan, Adat dan Tradisi (Program Adat, Seni, Tradisi dan Lembaga Budaya).

"Acara studi banding ini dikemas dalam bentuk diskusi santai, nantinya akan ada beberapa pembicara baik dari organisasi dan dari pihak Dinas Kebudayaan dan MLKI DIY, jadi para peserta akan mempelajari tentang organisasi Aliran Kebatinan "PERJALANAN" dari segi organisasi dan ajarannya" Ujar Bpk. Muchtar Budiman selaku Panitia Acara.

Acara dimulai dengan 'mengheningkan cipta' yang dipimpin oleh Bpk. Mimin selaku pinisepuh DMD Jawa Barat organisasi Aliran Kebatinan "PERJALANAN". Acara selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Jesika (generasi muda dari DKI Jakarta).

Selanjutnya, acara di isi dengan sambutan-sambutan:

  1. DMD Provinsi Jawa Barat Aliran Kebatinan "PERJALANAN" (Bpk. Ade Taryo);
  2. Dinas Kebudayaan DIY Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Seksi Adat & Tradisi (Bpk. Drs. Danang Sujarwa);
  3. Ketua MLKI DIY (Bpk. Drs. Bambang Purnomo, SH., M. Kn).

Setelah sambutan-sambutan selesai, masuklah pada acara pemaparan organisasi oleh Bpk. Andri Hernandi selaku ketua umum Aliran Kebatinan "PERJALANAN". Beliau mengutarakan kebahagiannya telah terlaksananya acara kunjungan tersebut "..saya sangat bangga dan bahagia, dapat menerima kunjungan studi banding dari Dinas Kebudayaan dan MLKI Yogyakarta, tentunya ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami.."

Paparan organisasi yang disampaikan oleh Bpk. Andri Hernandi, berisi tentang profil organisasi Aliran Kebatinan "PERJALANAN", mulai dari sejarah, kepengurusan, keorganisasian, program kerja sampai aset organisasi.

Setelah selesai pemaparan yang disampaikan oleh Bpk. Andri Hernandi, acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab, peserta studi banding diberi waktu untuk bertanya kepada para pembicara terkait tentang pembahasan yang telah disampaikan.

Acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama. Banyak hal menarik yang terjadi, beberapa peserta ada yang bercengkrama dengan warga Aliran Kebatinan "PERJALANAN", beberapa peserta juga ada yang berfoto ria, ada yang ikut bernyanyi bersama dengan para pemain kecapi suling, ada juga yang "temu kangen" para penyuluh kepercayaan yang sebelumnya memiliki kegiatan bersama pada Bimtek Penyuluh Kepercayaan.

Tak lupa juga, kegiatan ini dihadiri oleh ketua MLKI Propinsi Jawa Barat, Bapak Suryama memberikan cendera mata kepada ketua MLKI Propinsi DIY, Bpk. Drs. Bambang Purnomo, SH., M. Kn.

Acara ini berjalan dengan lancar dan sukses, total dihadiri oleh ± 170 orang.

Terimakasih kepada para peserta, pendamping dan penanggung jawab studi banding dari Dinas Kebudayaan dan MLKI Daerah Istimewa Yogyakarta, kepada para pengurus organisasi Aliran Kebatinan "PERJALANAN" dan kepada seluruhnya yang telah ikut membantu dalam mempersiapkan acara ini.
Rahayu...

No Comments Yet.

Leave a comment