PERJUMPAAN DENGAN AHLI SEJARAH UI

BANDUNG, AKP.OR.ID – Pakar Sejarah Universitas Indonesia (UI) yaitu Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum. Beliau bersama 4 orang tim asisten peneliti yang salah satunya bernama Dian Yasmin adalah mahasiswa program Doktor selepas menghadiri kegiatan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bertemu dengan Ketua Umum Aliran Kebatinan Perjalanan (AKP), Andri Hernandi.

Prof. Susanto Zuhdi mengatakan sangat senang bisa bertemu dengan pimpinan AKP sekaligus ingin mengetahui lebih dalam mengenai AKP terutama terkait dengan sejarah AKP di Kranggan Bekasi. Beliau menanyakan beberapa pertanyaan tentang bagaimana sejarahnya singkat hingga AKP bisa ke Kranggan dan dapat eksis di sana. Sebelumnya, Prof. Susanto Zuhdi bersama timnya terutama Dian Yasmin bertemu dengan sesepuh buhun Kranggan serta beberapa pengurus AKP tingkat kota Bekasi, yaitu Ade Witarsa.

Selain itu, tim peneliti terdapat beberapa pertanyaan lain mengenai pewarisan nilai dalam AKP, sistem kepercayaan, budaya, identitas, ritual serta cara mempertahankan ajaran AKP di tengah dinamisnya modernisasi masyarakat. Menurut Andri Hernandi, penjelasan itu tertulis dalam buku Budaya Spiritual AKP. Pada kesempatan itu pula, Andri Hernandi, memberikan oleh-oleh kepada Prof. Susanto Zuhdi berupa buku Budaya Spiritual Aliran Kebatinan Perjalanan. Prof. Susanto berpendapat seharusnya sejarah ketokohan pencetus AKP (Mei Kartawinata, Rasyid, dan Sumitra) ini dapat dibukukan menjadi sejarah, karena kalau dilihat dari sejarah Mei Kartawinata sangat erat hubungannya dengan jaman pergerakan saat Belanda. Kemudian putranya yang bernama Ikrat Rustama Kartawinata juga merupakan tokoh yang masuk dalam kegiatan pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Tak terasa waktu menunjukan pukul 18.00, rombongan peneliti sejarah, Prof. Susanto Zuhdi bersama rombongan akhirnya berpamitan dan meninggalkan tempat pertemuan tersebut.

No Comments Yet.

Leave a comment