Saresehan Sesepuh di Ponorogo

PONOROGO, AKP.OR.ID,  (10/08/19) Para sesepuh di Ponorogo mengadakan saresehan di Sanggar Marganing Rahayu Desa Nongkodono Kec. Kauman, dengan tajuk "Disiplin Ilmu dalam penyampaian kader sesepuh yang berbudaya, berbangsa dan bernegara".

Kegiatan saresehan ini, dihadiri oleh 48 orang yang terdiri dari 2 orang pengurus Korwil Karisidenan Madiun (Bpk. Aji Slamet), Sesepuh Kabupaten Ponorogo (Mbah Parman) dan sesepuh serta pinisepuh Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan saresehan ini diawali dengan kaweningan yang di pimpin oleh Mbah Parman. Kaweningan (Bahasa Indonesia: Hening Cipta) merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh segenap Warga Penghayat Kepercayaan terutama di Organisasi Aliran Kebatinan "PERJALANAN" sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan baik secara pribadi maupun kelompok.

Setelah kaweningan, acara diisi dengan sambutan oleh Ketua Dewan Musyawarah Daerah Kabupaten Ponorogo sekaligus menyampaikan hasil musyawarah Provinsi. Lalu, sambutan dilanjutkan oleh Ketua Korwil Madiun (Bpk. Aji Slamet) yang menyampaikan tentang penekanan tertib Organisasi.

Selanjutnya, acara saresehan membahas tentang diskusi ajaran serta musyawarah terkait kegiatan di organisasi Aliran Kebatinan "PERJALANAN".

Kegiatan saresehan ini ditutup dengan ramah tamah sekaligus penyampaian kesimpulan hasil kegiatan, diantaranya:

  1. Kesepakatan iuran wajib untuk kegiatan Hari Ulang Tahun Kebatinan "PERJALANAN" yang ke-92.
  2. Kesepakatan melaksanakan kegiataan 1 Sura 1953 Saka.
  3. Kesepakatan antar sesepuh Kabupaten Ponorogo dalam pembelajaran dan pengembangan ajaran Kebatinan "PERJALANAN".

 

No Comments Yet.

Leave a comment